Hambatan dalam Berkomunikasi

Masih dalam topic berkomunikasi. Teman-teman sudah tahu kan dampaknya apa saja? Tentunya tidak hanya itu, ternyata masih banyak lagi dampak yang dapat ditimbulkan akibat komunikasi yang buruk. Eits… pada kesempatan ini, kita tidak akan membahas lagi tentang dampaknya. Komunikasi yang buruk atau kurang baik dapat terjadi salah satunya karena adanya hambatan dalam melakukan berkomunikasi. 

Hambatan komunikasi merupakan segala sesuatu yang menyebabkan suatu komunikasi tidak berjalan bagaimana semestinya. Hambatan dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal.

  1. hambatan internal; merupakan hambatan yang terjadi pada dalam diri seseorang terkait perihal kondisi fisik dan psikologis individu.
  2. hambatan eksternal; merupakan hambatan yang terjadi di luar diri individu, seperti lingkungan fisik dan sosial budaya

secara umum, hambatan-hambatan dalam berkomunikasi dapat disebabkan oleh berikut:

  • Penyampaian pesan kurang efektif. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh faktor bahasa atau penggunaan kalimat dan kata dalam memberikan pesan.
  • Perbedaan tingkat dalam organisasi atau lingkungan sosial.
  • Perbedaan persepsi dalam mengartikan pesan. Perbedaan persepsi dimungkinkan terjadi karena perbedaan kondisi psikologis, sosial dan budaya.
  • Kurang memperhatikan. Akibat kurang perhatian, orang tidak dapat menyimak pesan yang diterimanya secara seksama ssehingga menimbulkan penafsiran yang tidak tepat.
  • Gangguan yang terjadi pada media yang digunakan dalam berkomunikasi.

Setelah mengetahui dampak serta hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi, semoga untuk dimasa yang akan datang kita dapat memperbaiki diri agar dapat melakukan komunikasi dengan baik. Tentunya tidak hanya demi diri sendiri, tetapi untuk kebaikan bersama-sama.

sumber : Photo by Icons8 Team on Unsplash