Google mengumumkan 100.000 beasiswa untuk sertifikat online dalam analisis data, manajemen proyek, dan UX (User Experience)

Google mengumumkan tiga program bersertifikasi online dalam bidang analisis data, manajemen proyek, dan UX Design. Sertifikasi akan di buat dan di ajarkan oleh karyawan google. Pembelajaran ini dapat di selesaikan dalam tiga hingga empat bulan sesuai yang di tawarkan melalui platform pembelajaran online Course.

Google juga mengatakan akan mempertimbangkan setrifikat setara dengan gelar sarjana empat tahun.  Dalam mengikuti pembelajaran bersetifikasi ini akan ada sedikit biaya dari platfrom Course. Untuk harga saat ini $49 per bulan. Tetapi google akan memastikan bahwa siapapun dapat mengikuti kesempatan ini. 

Perusahan raksasa di bidang teknologi ini telah berkomitmen untuk mendanai 100.000 beasiswa  untuk individu yang terdaftar di salah satu program bersertifikasi ini dan akan memberikan dana hibah kepada tiga organisasi nirlaba yang bermitra dengan google yaitu YWCA, NPower, dan JFF sebesar $10 juta untuk menyediakan tenaga kerja bagi perempuan, veteran dan orang amerika yang kurang terwakili. Google memilih bidang analisis data, manajamen proyek dan UX Design dari pertumbuhan karir dan gaji tinggi.

Data perhitungan klaim tunjangan pengangguran

Pengumuman google datang ketika Amerika Serikat mengalami peningkatan pengangguran secara historis. Pandemi coronavirus meningkatkan ke khawatiran untuk banyak orang dalam dunia pekerjaan. Yaitu pemotongan gaji, penutupan bisnis dan juga otomatisasi. Coronavirus telah menyebabkan tren tenaga kerja seperti otomatisasi. Karena banyak orang Amerika yang tidak bekerja mungkin perlu untuk mecari pekerjaan baru dengan meningkatkan keterampilan dan pelatihan besar-besaran.  Beberapa percaya bahwa program sertifikasi berbiaya rendah menjadi solusi untuk meningkatkan prospek peluang bagi mereka yang tidak memeliki gelar sarjana. 

Pada tahun 2018, google juga meluncurkan program sertifikasi serupa untuk mereka yang tertarik dalam bidang IT. Google juga mengatakan bahwa 58% dari mereka yang mengikuti sertifikasi IT tesebut mengungkapkan bahwa program ini membantu mereka untuk menemukan pekerjaan baru, kenaikan gaji, dan memulai bisnis baru. Pandemi coronavirus telah menciptakan permintaan yang belum pernah terjadi untuk di adakan nya kursus online ini.

Sumber : cnbc.com

Sumber foto : CNBC, Greg Bulla on Unsplash