A. Apa itu WordPress

WordPress adalah sebuah platform untuk membuat website. WordPress dikenal juga sebagai CMS (Content Management System) yaitu sebuah platform untuk mengelola konten web. Jika Anda pernah mengunjungi situs blog, berita, atau situs dari suatu perusahaan ada kemungkinan situs tersebut dibangun menggunakan teknologi WordPress. WordPress dibuat pada tahun 2003 dan sampai saat ini WordPress menjadi CMS yang populer digunakan.

WordPress ini merupakan perangkat lunak yang gratis untuk digunakan. Selain itu, platform ini mudah digunakan karena Anda dapat membuat sebuah website tanpa terlalu dipusingkan dengan hal-hal teknis seperti pemrograman. Anda bisa membuat website hanya dengan mengisi konten website dan beberapa klik tombol maka website Anda bisa dijalankan. WordPress juga menyediakan plug-in atau fitur tambahan untuk membantu website Anda lebih baik dan berbagai pilihan tema mulai dari yang gratis sampai yang berbayar untuk mempercantik website Anda.

B. Kelebihan WordPress

Apa saja keuntungan menggunakan WordPress?

Gratis

WordPress merupakan perangkat lunak terbuka, artinya kita dibolehkan untuk menggunakannya secara gratis dan dibebaskan untuk memodifikasinya.

Mudah Digunakan

Sejatinya untuk membuat website kita perlu mengetahui beberapa teknologi seperti HTML, CSS, Javascript, dan lain-lain. Tapi dengan menggunakan WordPress Anda tidak perlu berurusan dengan hal teknis tersebut. WordPress mempunyai tampilan antarmuka yang memudahkan penggunanya untuk membuat website tanpa harus menyentuh kode program sedikitpun.

Tersedia Banyak Plugin

Plug-in adalah sebuah program tambahan yang bisa digunakan di WordPress, sehingga WordPress Anda akan memiliki fitur-fitur tambahan sesuai kebutuhan. Contohnya, Anda mungkin ingin membuat toko online maka Anda bisa menggunakan plug-in WooCommerce. Terdapat plug-in lainnya seperti untuk anti-spam, SEO, monitoring web, dan masih banyak yang lainnya.

Banyak Pilihan Tema

Ini merupakan salah satu kemudahan dalam menggunakan WordPress. Anda bisa mengatur tampilan sesuai keinginan Anda dengan cara memasang tema. Banyak sekali pilihan tema-tema yang menarik yang sesuai dengan kegunaannya seperti tema untuk blog, berita, galeri foto, dan lain-lain. Tema ada yang gratis dan berbayar.

Dapat Mengelola Tingkat Akses Pengguna

Platform WordPress menyediakan 5 pilihan peran pengguna seperti admin, editor, penulis, kontributor, dan pelanggan. Kelima pilihan peran pengguna ini sangat baik digunakan pada sebuah website perusahaan yang memiliki beberapa orang untuk pengelolaannya. Mengurangi resiko keamanan website Anda dengan pengaturan akses ini merupakan keuntungan menggunakan WordPress untuk website Anda.

C. Kegunaan

WordPress biasanya digunakan untuk pembuatan blog. Namun, seiring dengan perkembangan dunia web WordPress bisa digunakan untuk hal lain juga.

Blogging

Pernahkah Anda ingin memiliki sebuah tempat untuk menuliskan ide atau topik yang Anda minati dan ingin dibagikan ke seluruh orang? Anda mungkin perlu membuat sebuah blog. Dengan menggunakan WordPress Anda akan lebih mudah mengelola artikel Anda dan tampilan website Anda.

Landing Page

Salah satu kegunaan WordPress adalah untuk membuat sebuah landing page. Landing page adalah sebuah web yang dibuat khusus untuk tujuan marketing atau branding. Biasanya landing page akan menampilkan informasi singkat mengenai usaha apa yang Anda jalankan, produk atau layanan apa yang Anda tawarkan, dan informasi lainnya yang bisa berguna untuk menarik orang-orang.

Toko Online

Dari WordPress Anda juga membuat toko online Anda sendiri. Anda bisa memasang plug-in yang bernama WooCommerce. Dengan plug-in ini Anda dimungkinkan untuk membuat website toko online lengkap dari menampilkan produk sampai pembayaran.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu WordPress dan apa saja kegunaannya untuk membuat website.

Referensi
niagahoster.co.id
hostinger.co.id
idwebhost.com/blog